Backlink adalah bagian penting dari SEO yang harus benar-benar dipahami agar bisa diimplementasikan secara proporsional dan efektif.
Blog ini menyumbangkan sedikit tentang Backlink, tetapi diharapkan bisa menambah wawasan, khususnya untuk para Blogger pemula.

Sabtu, 06 Agustus 2011

Backlink Tidak Dapat Berdampak Instan

| Sabtu, 06 Agustus 2011 | 12 komentar

Backlink yang kita miliki pada awal membangun sebuah blog memang sedikit. Saya sendiri biasanya mencari backlink setelah punya sekitar 20 postingan, karena dengan jumlah tersebut selain sudah cukup untuk membangun internal link, juga layak untuk mendaftar ke berbagai web dan blog direktori serta mengirimkan beberapa artikel unggulan ke artikel direktori.

Jika langkah-langkah awal dilakukan sesuai prosedur, misalnya Anda sudah melakukan riset keyword secara benar. Kemudian menyusun keyword turunan dengan skema piramid sesuai dengan tingkat kompetitor dan melakukan posting sesuai urutan agar internal link-nya bisa terjalin dengan sistematis. Tidak lupa pula mentarget setiap posting sebanyak minimum 300 kata yang didalamnya tersebar keyword secara merata sebanyak sekitar 3 persen. Sementara secara rutin Anda melakukan posting setiap hari, paling banyak 3 postingan.

Maka dalam jangka waktu sekitar dua minggu, tanpa backlink, pagerank blog Anda yang semula berstatus n/a dengan sendirinya akan berubah menjadi 0/10. Hal ini saya alami beberapa kali, kadang-kadang saya bertanya apakah dari n/a ke 0/10 tidak melalui perangkingan google ? Ini berlaku untuk CMS blogspot dan wordpress. Ada cacatan tambahan yang mungkin perlu diketahui, jika kita menggunakan blogspot gratisan justru untuk memperoleh pagerank bisa dilakukan dengan mudah.

Salah satu blog gratisan saya yang menggunakan Blogspot (hp-indo.blogspot.com), sedianya saya siapkan untuk blog dummy secara tak sengaja tiba-tiba naik ke PR2. Lebih dari 50 persen keywordnya berada di halaman satu Google.co.id (Sekarang PR-nya turun menjadi 1, akibat beberapa bulan tidak pernah diupdate ).

Sedangkan keyword-keyword blog utama yang sedianya saya gunakan untuk bisnis affiliasi dengan pasar USA ternyata mogok di antara halaman 2 sampai 5. Hal ini sempat membuat saya frustrasi sampai saya sadari bahwa di sana tingkat kompetisinya sangat tinggi. Link affiliasinya bahkan belum sempat saya pasang.

Berdasarkan perkiraan tersebut, untuk setiap halaman atau postingan dalam blog itu (misalnya: http://www.domain.com/alamat halaman ybs) saya carikan backlink dalam berbagai cara. Diantaranya, mendaftarkannya pada iklan gratisan, memberi komentar pada situs yang dofollow, memasang linknya pada dummy blog atau mendaftarkanya pada blog direktori (yang terakhir ini sulit diterima, karena mereka meminta URL domain utama.)

Dasar saya masih bermental instan, satu sampai dua hari, bahkan saya sabarkan diri untuk menunggu sampai seminggu untuk menchek hasilnya. Ternyata hasilnya nol besar ! Saya chek dengan beberapa backlink checker, hanya dua backlink yang nongol. Pokoknya tak sebanding dengan susah payah yang telah dialami. Secara kebetulan, blog saya yang lain berbahasa Indonesia tiba-tiba kebanjiran pengunjung. Akibatnya, saya jadi mengasyiki dan fokus hanya pada blog tersebut.

Sampai pada suatu saat secara iseng saya ketikkan keyword dari blog yang pernah dengan gencar saya carikan backlink beberapa bulan yang lalu. Hasilnya di luar dugaan, dari 28 keyword yang saya jadikan judul postingan - 20 keyword menduduki halaman pertama di Google.com. Pageranknya pun dari 0/10, kini naik 1/10. Padahal seluruh postingan dalam blog tersebut hanya berjumlah 28 plus About Me.

Jadi, saya punya kesimpulan baru - bahwa backlink yang kita cari dan peroleh tidak secara langsung bisa berfungsi menjadi link balik pada blog kita. Selain itu perangkingan Google dilakukan setiap empat bulan, dan algoritmanya pun berubah setiap tahun.

Menanamkan backlink pada blog kita mirip dengan mananam benih tanaman, perlu kesabaran untuk menunggu hasilnya. Secara teknis yang diperlukan adalah mencari benih yang baik dan menanamkannya dengan cara yang benar. Evaluasinya baru bisa dilakukan sekitar tiga atau empat bulan kemudian. Jika hasilnya tidak sesuai harapan, berarti perlu dilakukan teknik yang lebih relevan dan dievaluasi lagi empat bulan kemudian. Semua proses itu bisa dilakukan jika kita punya cukup kesabaran dan ketekunan.

12 komentar:

tomi mengatakan...

betul.. backlink tidak mungkin memberikan efek langsung dan instan..
biasanya baru berjalan setelah 2 minggu atau 1 bulan

hendriansyah auroraherbal mengatakan...

saya pun mencoba untuk membuat backlink yang sebaik mungkin,, setelah di coba,, mungkin paling cepat butuh waktu 5 hari sampai 1 bulan lamanya,,

Defi mengatakan...

Makasih banyak ya atas infonya. sangat bermanfaat buat saya yang newbe ini :D

auto mengatakan...

makasih..atas penjelasannya...udah dapat ilmu dari ini
















best shoes 2102
http://www.accessoriesplus4u.com/

ViperGoy mengatakan...

Makasih infonya ^^

Asep indra Jaya mengatakan...

infonya sangat bermanfaat

suroto mengatakan...

makasih jga infonya, sangat menarik. Bagi-bagi info juga,silahkan: Membangun Backlink

PJS mengatakan...

sangat bermanfaat thanks... Webmaster Blog

lagu kord gitar mengatakan...

Mantap gan infonya. Pengalaman anda jadi pelajaran berharga untuk saya dalam upaya menanam backlink. Omong - omong backlink yang anda tanam itu, berhasil menguasai google dalam waktu berapa bulan ? O ya mau tanya juga , artinya OBL di web checker backlink itu maksudnya apa gan ? Kalau kita bisa kalahkan jumlah backlink saingan kita , apakah kita bisa menguasai keyword tersebut di google ?

Maaf agak banyak pertanyaannya . Mohon jawabannya di blog ane aja gan, sekalian kunjungan balik gan.

Alat pemadam kebakaran mengatakan...

butuh kesabaran untuk mendapatkan hasil dari backlink..

Terima kasih atas informasinya.. sangat bermamfaat.

Btw ini blog khusus untuk backlink yach. sangat konsisten

Affandhy Ach mengatakan...

efek backlink memang tidak instan saya sudah mencobanya beberapa kali pada beberapa judul artikel saya. dan hasilnya sekitar 1-2 bulan semuanya nangkring di page one gogel.

The Nona Burger mengatakan...

masih harus byk belajar ttg backlink serta tetek bengek blogging lain nya.. Thx for sharing om

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com