Backlink adalah bagian penting dari SEO yang harus benar-benar dipahami agar bisa diimplementasikan secara proporsional dan efektif.
Blog ini menyumbangkan sedikit tentang Backlink, tetapi diharapkan bisa menambah wawasan, khususnya untuk para Blogger pemula.

Selasa, 12 Oktober 2010

Backlink, Satu - Dua dan Tiga Arah

| Selasa, 12 Oktober 2010 | 3 komentar

Backlink yang paling dicari adalah backlink satu arah, karena kita mendapat link tanpa haruis mengeluarkan link balik. Backlink satu arah ini menambah nilai situs kita di mata Google. Backlink ini bisa kita dapatkan dengan berbagai cara sesuai asalnya, tercatat ada beberapa sumber yang bisa dimanfaatkan.

Sedangkan backlink dua arah adalah link yang kita pasang di situs kita, sementara situs bersangkutan juga memasang link ke situs kita. Antara situs kita dan situs yang memasang link kita masing-masing mendapat link yang seimbang. Kecuali jika salah satu situs memiliki PR yang lebih tinggi, maka yang diuntungkan adalah situs dengan PR yang lebih rendah.

Backlink dua arah biasanya diperoleh dari web atau blog directory yang dofollow atau melalui link exchange yang juga populer dengan istilah Tukeran Link, baik dengan cara manual maupun automatic. Atau cara yang paling praktis dan sekarang sedang populer dilakukan adalah melalui automatic backlink.


Selain backlink satu arah dan backlink dua arah masih ada backlink tiga arah. Yang terakhir ini umumnya dipergunakan untuk kepentingan SEO, karena dibutuhkan tiga situs yang bisa saling me-link sehingga membentuk link tiga arah. Dalam hal ini kita hanya bisa mengarahkan link dari situs kita, misalnya situs A kita ke situs B. Selanjutnya tentu tidak bisa mengatur agar situs B yang bukan milik kita me-link ke situs C. Apalagi mengatur situs C untuk melink kembali ke situs A. Kecuali jika ketiga situs itu adalah milik kita sendiri.

Untuk memperoleh link tiga arah ini maka banyak marketer yang menggunakan dummy blog. Sayangnya blog-blog dummy ini sering dibuat asal saja. Asal dapat melink ke situs utama, akibatnya backlink yang diperoleh juga tak berdampak signifikan terhadap peningkatan ranking situs utama.

Idealnya untuk memperoleh backlink tiga arah ini dibangun tiga situs atau blog yang tidak diperlukan hanya sekedar sebagai dummy, tetapi masing-masing diperlakukan sebagai situs utama dengan thema yang sama. Hal ini sebenarnya tidak terlalu sulit mengingat penulis kontentnya adalah orang yang sama pula.

3 komentar:

Agung "Cassadee" mengatakan...

oh ternyata backlink ada yang 3 arah, bru tau nih!! makasih ya..

sekedar kasih saran aja, kolom komentar_a jngan ganti windows donk mas.

thank's

www.maswoto.blogspot.com mengatakan...

Aku suka ituu....
Thanks ya gan atas sharing nya....
kunjumgi juga lepak gua...
www.fivers-pacitan.co.cc
www.aulianet.tk

maswoto mengatakan...

Aku suka ituu....
Thanks ya gan atas sharing nya....
kunjumgi juga lepak gua...
www.fivers-pacitan.co.cc
www.aulianet.tk

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com