Backlink adalah bagian penting dari SEO yang harus benar-benar dipahami agar bisa diimplementasikan secara proporsional dan efektif.
Blog ini menyumbangkan sedikit tentang Backlink, tetapi diharapkan bisa menambah wawasan, khususnya untuk para Blogger pemula.

Senin, 04 Oktober 2010

Backlink, Apa Itu ?

| Senin, 04 Oktober 2010 | 0 komentar

Backlink dalam hal ini adalah link yang berupa teks atau gambar pada halaman web atau blog, apabila diklik akan membuka halaman web atau blog lain yang di-link tersebut.

Bagi web atau blog yang menerima link atau di-link, maka link itu disebut sebagai inbound link. Baik secara alamiah maupun berdasarkan algoritma Googgle, inbound link menunjukkan pentingnya halaman sebuah web atau blog tersebut bagi si pemberi link. Entah sebagai rujukan atau untuk melengkapi kontennya.

Dalam terminologi dasar link seperti yang disebutkan dalam Wikipedia, backlink adalah setiap link yang diterima oleh web dari web lain. Backlinks juga dikenal sebagai link masuk, inbound link, inlinks, dan link ke dalam.

Backlink digunakan sebagai salah satu penilaian oleh search engine untuk menentukan seberapa akurat informasi yang diberikan oleh web atau blog. Semakin banyak jumlah backlink yang diterima oleh sebuah web atau blog, maka akan semakin tinggi nilai web atau blog tersebut.
Search engine akan menjadikan hal itu sebagai salah satu pertimbangan untuk meletakkan web atau blog yang bersangkutan pada posisi atas di halaman pencarian Googgle.

Dalam sistem PageRank, Google menafsirkan sebuah link dari halaman A ke halaman B sebagai satu suara. Dalam konteks ini Halaman B memperoleh nilai lebih dari Halaman A

Sebagian atau bahkan kebanyakan orang lalu menganggap backlink itu sangat penting untuk menaikkan pagerank blog mereka. Padahal selain backlink masih terdapat faktor-faktor lain yang menentukan, yaitu keyword, kualitas dan kuantitas konten, signifikasi blog, optimasi css dan lain-lain.

Implikasinya kemudian, backlink menjadi bagian dari SEO dan diartikan salah kaprah dalam jasa SEO yang menyediakan backlink berbayar. Sementara para blogger pun, seperti juga Anda dan saya berburu backlink untuk meningkatkan nilai blog di mata search engine. Tetapi hendaknya sebatas melengkapi salah satu kriteria yang diterapkan Google, karena selain backlink masih ada keyword density, signifikasi dan yang lebih mendasar lagi adalah kualitas dan kuantitas konten kita.

0 komentar:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com