Backlink adalah bagian penting dari SEO yang harus benar-benar dipahami agar bisa diimplementasikan secara proporsional dan efektif.
Blog ini menyumbangkan sedikit tentang Backlink, tetapi diharapkan bisa menambah wawasan, khususnya untuk para Blogger pemula.

Jumat, 22 Oktober 2010

Backlink dari Informasi Gombal

| Jumat, 22 Oktober 2010 | 0 komentar

Backlink ini berasal dari situs dengan Pagerank 5 sampai 9. Selamat berburu backlink.”
(Lalu di bawahnya tercantum sampai puluhan URL)

Demikian sering saya baca di beberapa blog yang memberikan informasi dimana kita bisa mencari backlink dari situs yang memiliki pagerank tinggi.
Tentu saja pucuk dicita ulam tiba ! Tunggu apalagi ? Tinggal klik URL-nya atau ketikkan alamatnya di browser, masuk ke situs yang dituju, buka kotak komentar dan kasih komentar. Kita langsung dapat backlink satu arah dari situs ber PR6. Mungkin besok pagi blog kita juga akan naik posisi menjadi PR5.

Tapi ternyata tak semulus perkiraan kita. Karena begitu kita masuk ke situs yang ber PR 6 itu, yang pertama kita temukan adalah homepage yang berisi beberapa Judul sesuai dengan kategori masing-masing disertai sedikit pengantar. Disini kita bisa memilih judul dari kategori mana yang sesuai dengan blog kita, atau setidaknya bidang yang kita kuasai agar bisa memberi komentar yang layak baca. Seolah-olah tidak hanya masuk karena perlu nitip link.

Selanjutnya kita klik judul yang menjadi pilihan kita, tapi masih masuk ke halaman kategori. Pageranknya bukan PR6 lagi, tapi menunjukkan PR4. Disini juga masih terdapat banyak judul, bisa lebih 10 judul dengan konten yang terpenggal oleh <-- read more-->. Tentu saja kita tak bisa langsung menaruh komentar, tetapi kita bisa memilih judul lagi, barangkali ada artikel lain yang lebih tepat lagi untuk dikomentari.

Setelah menentukan pilihan, barulah masuk ke langkah terakhir, dengan mengklik judul atau <-- read more-->
Nah, halaman pilihan ini baru akankita baca serius meski dengan terjemahan bahasa Inggris yang tersendat-sendat karena miskinnya kosa kata.

Pada akhir artikel untuk memberi komentar seringkali kita diminta mengklik sebuah tautan. Begitu terbuka halaman baru, disana bisa kita baca sudah ada sekitar 300 komentar lebih. Tetapi yang membuat kesal dan kecewa bukan masalah itu, melainkan bar indikator pagerank kita ternyata menunjukkan posisi PR 0/10, bukan PR6/10 !

Jadi begitulah akhir perburuan backlink. Maunya menembak backlink dari PR6, ternyata berakhir di halaman PR 0/10 atau bahkan di bawahnya lagi, yaitu n/a.

Meskipun demikian kita masih patut bersyukur, begitu banyaknya para pemburu backlink yang kesasar, lalu memberi komentar dan merasa sudah menaruh link mereka di situs berPR tinggi. Padahal tidak ! Mengapa bisa demikian ? Mereka berburu backlink tanpa berbekal senjata paling penting : plugin pemindai pagerank !

0 komentar:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com