Backlink adalah bagian penting dari SEO yang harus benar-benar dipahami agar bisa diimplementasikan secara proporsional dan efektif.
Blog ini menyumbangkan sedikit tentang Backlink, tetapi diharapkan bisa menambah wawasan, khususnya untuk para Blogger pemula.

Minggu, 31 Oktober 2010

Backlink, Kenapa Perlu Dicheck ?

| Minggu, 31 Oktober 2010 | 5 komentar

Backlink selalu diperlukan untuk menaikkan posisi keyword pada hasil pencarian search engine. Seringkali blogger, khususnya yang menggeluti internet marketing merasa telah mendapat banyak backlink. Mulai dari auto generate page yang sekali klik bisa menempelkan link ke ratusan situs, mendaftar ke puluhan blog direktori hingga ke upaya yang memakan banyak energi dan pikiran: blog commenting.

Tetapi benarkah dari berbagai upaya yang telah dilakukan itu sudah membuahkan sejumlah backlink yang diharapkan ? Ternyata ketika kita iseng-iseng menchecknya, backlink yang sudah berhasil dikumpulkan selama ini tak lebih dari 50 backlink. Pantas saja, PR kita tidak berubah dan tidak mendongkrak posisi keyword ke atas. Kenapa hasilnya di luar perkiraaan ?

Hal itu kadang bisa membuat kecewa. Maklum kita merasa sudah bersusah payah mencari backlink dengan berbagai cara yang banyak dianjurkan oleh para blogger senior, tapi hasilnya belum bisa memberi dampak yang signifikan.

Itulah pentingnya backlink checker. Sekaligus memberikan pelajaran pada kita bahwa untuk menjalankan bisnis internet, mulai dari cara mencari backlink hingga melakukan pengecekan atas hasil pencarian itu perlu dilakukan secara serius. Tentu saja pengertiannya adalah diperlukan ketekunan, pengetahuan dan sistem yang benar agar upaya yang kita lakukan itu bisa berhasil sesuai harapan. Selain itu, kita juga tidak harus banyak membuang waktu, tenaga dan pikiran. Dan lagi uang, kalau kita menggunakan warnet.

Dengan backlink cheker kita bisa secara berkala memeriksa apakah link yang pernah kita tempatkan, misalnya di sebuah blog dofollow sudah membuahkan backlink. Alias diapprove oleh si pemilik blog karena berkenan dengan komentar kita yang dia nilai juga memberikan kontribusi pada tulisannya. Perlu dicermati bahwa rata-rata komentar di blog ber PR 5 memiliki kualitas yang sama dengan kualitas tulisan yang dikomentari. Si pemilik blog rupanya juga merasa sayang harus berbagi backlink dengan komentar yang asal saja.

Perlu juga diingat bahwa kita tidak bisa mengharap langsung dapat backlink, setelah sehari atau dua hari menaruh link melalui blog commenting. Ini memang memerlukan suatu ketelatenan dan kesabaran yang tak akan dimiliki oleh blogger pemula.
Jadi kalau Anda seorang pemula dan tidak sabaran lalu cenderung putus asa, itu artinya Anda sedang menjalani proses yang benar. Anda boleh merasa putus asa, tapi jangan berhenti - jalan terus.

Hal yang mungkin tak pernah Anda sadari bahwa sejalan dengan tumbuh dan berkembangnya blog yang sedang Anda bangun, secara paralel pada diri Anda juga sedang ditumbuhkan sikap mental seorang blogger profesional. Karena tidak mungkin sebuah blog yang berhasil bisa dibangun secara main-main, kecuali mungkin You Tube. Awalnya, pengelola situs ini, anak belasan tahun yang kesulitan membuat konten lalu meng-upload saja semua hasil rekaman videonya. Secara kebetulan pola seperti itu dianggap baru, lalu You Tube pun dibeli dan dikembangkan oleh Google. Kasus yang serupa juga terjadi pada Sinta dan Jojo melalui Keong Racun yang mereka buat hanya dengan iseng-iseng. Tapi ini kan hanya kebetulan, dan kebetulan tidak mungkin bisa terjadi berkali-kali.

Ada hal lain yang secara teknis perlu dicermati dalam menggunakan backlink checker. Gunakan paling tidak tiga backlink checker untuk memeriksa hasil backlink Anda. Karena masing-masing backlink checker bisa menunjukkan hasil-hasil yang tidak sama. Maklum, masing-masing memiliki sistem dan mekanisme penelusuran yang berbeda. Tapi itu tak jadi soal.

Yang terpenting, pelajari apakah cara-cara yang Anda lakukan sebelumnya sudah menghasilkan backlink yang memadai. Lakukan evaluasi dan terapkan pola manajemen yang biasa dilakukan para manajer : Plan - Do -Check - Action, ulangi terus menerus sampai berhasil. Jangan pernah merasa bosan (sekali-sekali ndak apa-apa, itu manusiawi !)

5 komentar:

malifo mengatakan...

iya bro, ni lagi belajar cari backlink. Tapi masih bingung :) mungkin di sini saya bisa dapat backlink ya. Maklum baru

Pabx Murah mengatakan...

Terima kasih artikelnya bro, memang sempat down,tapi slow but sure :D
salam kenal

nn mengatakan...

he...he...he...bagus PDCA...

http://www.trisnano.blogspot.com

Breast Tattoo mengatakan...

waduh.. ternyata cari backlink itu gak gampang ya..? ane dibikin pusing nih ama yg namanya backlink..
maklummlah newbie brow...

Breast Tattoo

titan mengatakan...

Makasih pencerahannya gan....
harus sabar dan telaten, internet ternyata tidak selebar daun kelor :D

 

Free Tools

Search Engines

Bisa untuk Backlink

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com