Backlink adalah bagian penting dari SEO yang harus benar-benar dipahami agar bisa diimplementasikan secara proporsional dan efektif.
Blog ini menyumbangkan sedikit tentang Backlink, tetapi diharapkan bisa menambah wawasan, khususnya untuk para Blogger pemula.

Selasa, 12 Oktober 2010

Backlink Itu Sama Dengan Reciprocal Link

| Selasa, 12 Oktober 2010 | 11 komentar

Backlink dalam artian yang tepat sesuai dengan asal katanya barangkali adalah Reciprocal Link. Karena Reciprocal Link adalah Link timbal balik yang dipasang di dua situs berbeda berdasarkan kesepakatan antar pemilik situs tersebut. Pengertian ini mengacu pada definisi dari Webopedia : “A reciprocal link is an agreement between two webmasters to provide a hyperlink within their own website to each other's web site.”

Meskipun tujuan awalnya agar memudahkan pembaca untuk mengakses situs terkait, tetapi dari sisi pandang SEO hal ini merupakan backlink.
Bukankah kita berharap mendapat link balik setelah kita memasang URL situs lain, misalnya di sidebar kita ? Pengertian Reciprocal Link kurang lebih seperti itu.

Pada prakteknya hampir setiap directory mewajibkan kita memasang link mereka di situs kita lebih dulu sebelum kita men-submit situs kita ke directory mereka. Link tersebut bisa berupa image button atau hanya sekedar teks yang bila diklik akan langsung mengakses ke directory yang bersangkutan. Reciprocal itu sudah mereka sediakan berupa teks html yang tinggal di kopi dan paste ke side bar. Sementara link kita, pada umumnya juga tidak seketika dipasang di directory tersebut, menunggu di approve dulu rata-rata memakan waktu antara 2 sampai 3 bulan.

Link excange atau tukeran link pada prinsipnya adalah Reciprocal link. Dari sudut pandang SEO reciprocal link dianggap sebagai link dua arah yang tentu saja nilainya lebih rendah dibandingkan dengan link satu arah yang hanya mengarah pada situs kita.

Reciprocal link selain menjadi sebuah backlink juga dapat membantu untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda dalam dua cara. Pertama, Anda akan memiliki pengunjung dari Reciprocal link yang terpasang di situs lain. Kedua, search engine juga memperhitungkan jumlah situs web yang berisi link ke situs Anda, hal ini memungkinkan peningkatan status situs Anda di mata search engine. Dengan sendirinya peluang untuk menduduki posisi teratas dalam search engine juga mengalami peningkatan.

Masalahnya sekarang, apakah reciprocal link yang terpasang di situs lain tersebut benar-benar nyambung ke situs Anda ? Jika tidak, maka artinya Anda hanya memberikan link pada situs lain tanpa mendapat link balik atau backlink.

Untuk mencheck reciprocal link tersebut, Anda bisa memanfaatkan Reciprocal Checker yang tersedia di sidebar.

11 komentar:

ponsel china mengatakan...

terimakasih atas penjelasannya....
sangat membantu sekali bagi saya

Aras Klimaks mengatakan...

thnx gan atas infox

Obat Sehat mengatakan...

mterima kasih gan atas penjelasanya...td sempat bingung..
melihat artikel...jadi tahu...
hehehehe

Ulatbulu mengatakan...

Thanks gan atas infonya

Pusat Game HP mengatakan...

wah baru paham saya tentang resiprocal backlink :-D

toko bunga mengatakan...

Thanks bgt niih informasi jadi mulai mengerti apa itu maksud dari reciprocal link

cheaterindo mengatakan...

Thanks gan atas infonya

Unknown mengatakan...

terima kasih sob :)
atas info dan penjelasannya

jualdresskorea mengatakan...

Thanks atas infonya gan, Berarti recripocal link itu sama aja dengan link dua arah ya ?? Kalo kita mendaftar di banyak direktori dan memasang banyak recripocal link di website kita, kira2 itu semakin baik atau tidak di mata google ya ??

Andan Nanda mengatakan...

Terimakasih gann..ini sangat membantu buat saya,
bagi saya yang baru kenal di dunia blogging ini sangat membantu..

@KangTya | the OPTIMIZE®™ | PIN:3296D8CC - SMS:088211557927 mengatakan...

Saya sudah mencobanya di http://www.bogorupdates.com tapi kenapa link checkernya gak ke link ya gan ? padahal sdh saya simpan linknya. tks

 

Free Tools

Search Engines

Bisa untuk Backlink

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com